Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosialisasi pencegahan Penularan DBD oleh KKM IPADHAKU

 Selasa, 5 Desember 2023 (15.00-17.30 WIB)

Mahasiswa KKM 30 Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu bekerja sama dengan aparat desa Krangkeng dan Puskesmas Kec. Krangkeng melakukan pencegahan penularan DBD dan  pembagian bubuk larvasida 


Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit demam serius yang ditularkan oleh nyamuk betina Aedes aegypti yang menyerang sistem peredaran darah manusia. Penyakit ini apabila tidak ditangani secara tepat bisa berakhir dengan kematian. Kasus DBD di Indonesia masih menjadi salah satu fokus perhatian dari pemerintah seperti di desa Krangkeng Kec. Krangkeng Kab. Indramayu. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kecamatan Krangkeng bersama puskesmas setempat dan aparat Desa Krangkeng serta di bantu oleh Mahasiswa KKM institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan mengunjungi langsung rumah masyarakat dan memberikan obat penangkal jentik- jentik yang akan di gunakan di setiap bak mandi warga desa setempat. 



Melalui kegiatan PSN dan penyuluhan pencegahan demam berdarah melalui 3M Plus ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencegah penularan penyakit DBD. Adapun 3M yang dimaksud seperti Menguras (membersihkan tempat atau wadah penampungan air, seperti ember, bak mandi, dan tempat air minum, Menutup (tidak membiarkan terbuka tempat-tempat penampungan air, seperti kendi, toren air, dan drum), Memanfaatkan kembali (menggunakan kembali barang-barang yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk). Sedangkan ‘Plus’ pada gerakan 3M Plus adalah:

·       Menaburkan bubuk larvasida di tempat penampungan air yang tidak mudah untuk dibersihkan.

·       Menggunakan obat nyamuk untuk pencegahan gigitan atau penularan dari Aedes aegypti.

·       Menggunakan kelambu di kamar atau tempat tidur.

·       Menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan geranium.

·       Memelihara ikan yang dapat memangsa jentik nyamuk.

·       Mengubah kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang dapat menjadi tempat berkembangbiak nyamuk.

·       Mengatur ventilasi dan cahaya dalam rumah


Penulis. Mala Fitri Tasa

Ig. kkm30_desakrangkeng